Khusyuk, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monumen Benteng Moraya

Minahasa jelajahberita.com-Benteng moraya yang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Sulawesi Utara. Selain tempat bersejarah, tempat ini juga merupakan salah satu destinasi wisata di Minahasa.

Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini memilih Benteng Moraya yang terletak di Kabupaten Minahasa, sebagai tempat pelaksanaan upacara yang dilaksanakan pada, Sabtu (1/6/2024).

Bacaan Lainnya

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, memimpin Upacara tersebut, dengan mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Upacara tersebut terlihat khusyuk yang diikuti oleh berbagai golongan masyarakat diantaranya ASN, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta sejumlah pelajar.

Dalam Pidatonya Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI (BPIP) bapak Yudian Wahyudi yang dibacakan oleh Pangdam XIII/Merdeka mengatakan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia dimana Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

Kepala BPIP RI juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu-membahu melestarikan nilai-nilai Pancasila dan mengimplementasikan ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Mayjen TNI Candra Wijaya sendiri saat diwawancarai oleh awak media juga menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, diselenggarakan serentak di seluruh penjuru Indonesia dengan membawakan tema yang memiliki makna yang sangat mendalam sehingga dapat menyatukan kita dari berbagai perbedaan dan kemajemukan masyarakat Indonesia dimana sesuai dengan indentitas Bangsa Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Tema yang diangkat Tahun ini memiliki arti yaitu Pancasila sebagai pemersatu yang dapat menyatukan kita dari segala perbedaan yang ada di berbagai lapisan masyarakat,” ujar Pangdam.

Usai pelaksanaan upacara, berbagai atraksi juga turut dipertontonkan diantaranya tarian adat kabasaran minahasa dan pembentangan bendera merah putih sepanjang 43 Meter.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si., Danrem 131/Santiago Brigadir Jenderal TNI Martin Susilo Martopo Turnip, S.H., M.H., para PJU Kodam XIII/Merdeka, para PJU Korem 131/Santiago, Para Dansat jajaran Kodam XIII/Mdk, Pj Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong, M.Si., Kapolres Minahasa AKBP S. Sophian, GMFKPPI serta LSM Brigade Manguni.(Echa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *