Wakili Pangdam, Kasdam XIII/Mdk Tutup TMMD ke-119 di Talaud

Talaud jelajahberita.com- Program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) ke – 119 di desa Essang, Kecamatan Essang, Kabupaten Kepulauan Talaud yang dimulai sejak tanggal (20/2/2024) lalu resmi ditutup, oleh Pangdam XIII/ Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya melalui Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Yustinus Yono Yulianto, Rabu (20/3/ 2024) pukul 09.38 Wita.

Pada upacara penutupan yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Essang, Dandim 1312/ Talaud Letkol Inf Sigfried Wellem Panaha selaku Dansatgas TMMD ke – 119 Tahun Anggaran 2024 menyampaikan laporan hasil pelaksanaan giat. Diantaranya jumlah personil yang terlibat dalam Satgas program TMMD selama 30 hari atau 1 bulan sejumlah 150 orang yang terdiri dari TNI AD 123 orang, TNI AL 5 orang, TNI AU 2 orang, Polri 7 orang, pemda Talaud 13 orang.

Bacaan Lainnya

” Sasaran kegiatan, untuk sasaran fisik utama pembuatan jalan sepanjang 1.200 meter dengan lebar 8 meter, pembuatan jembatan 2 unit, pembuatan plat duicker 2 unit. Sasaran fisik tambahan rehab RTLH 2 unit dan MCK 2 unit. Sedangkan untuk Sasaran non fisik terdiri dari sosialisasi tentang hukum dan kamtibmas, wawasan kebangsaan, bela negara, rekrutmen TNI, pelayanan posbindu dan stunting, penyakit, bahaya radikalisme, bahaya narkoba, pemutaran film perjuangan, penyuluhan pertanian dan perikanan, dan penyuluhan vaksinasi pada hewan,” sebut Dansatgas TMMD ke – 119.

Anggaran kegiatan bersumber dari Mabes TNI Angkatan Darat dan APBD Kabupaten Kepulauan Talaud.

Di tempat sama, selaku Irup Kasdam XIII/ Merdeka selanjutnya membacakan amanat Pangdam XIII/Merdeka sekaligus menutup kegiatan. Dikatakan, selain di Essang, Talaud.TMMD ke – 119 di wilayah kerja Kodam XIII/Merdeka juga diselenggarakan di desa Karangetang, Pohuwato.

” Selama satu bulan sejak tanggal 20 februari hingga hari ini, Para prajurit TNI, Polri, Pemda dan berbagai komponen masyarakat lainnya telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke 119 tahun anggaran 2024. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan wilayah yang belum atau tak dapat tersentuh oleh pemerintah daerah,” ujar Kasdam XIII/ Mdk.

Pangdam XIII/ Mdk selaku pengendali kegiatan operasional TMMD menyampaikan apresiasi, serta reward kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu baik secara moril maupun materiil sehingga kegiatan bisa terselenggara dengan aman, tertib dan lancar.

Usai penutupan dilaksanakan foto bersama, penyaluran berbagai jenis bansos, bazaar murah dan peninjauan hasil sasaran fisik TMMD di Essang.

Kegiatan turut dihadiri, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Wakhyono, para Kasi di Kodam XIII/ Mdk, Persit, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut dan pejabat pemda, Danlanal Melonguane Letkol Laut ( P) Muhammad Faizal Sidik Permana, delegasi forkopimda lainnya, forkopimcam, dan masyarakat.(Echa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *