Bupati Kumendong Terima Kunker Menteri PPPA Puspayoga

Minahasa jelajahberita.com – Pj. Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong, M.Si, sambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ibu Bintang Puspayoga pada Jumat (9/8/2024) di Hotel Yama Resort, Tondano.

Bupati didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny.Djeneke Kumendong-Onibala, SH dan Sekretaris Daerah Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si saat menerima kunjungan ini.

Bacaan Lainnya

Kunjungan Kerja Menter PPPA di Minahasa, dalam rangka Pencanangan Program MELASI (Minahasa Melayani Dengan Kasih) dan Peresmian Desa Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Kabupaten Minahasa serta membuka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya, Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan menyampaikan bahwa pencanangan program MELASI Minahasa dan peresmian Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kabupaten Minahasa ini sangat spesial.

“Program ini adalah bentuk nyata komitmen pemerintah dalam pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak di Minahasa, dan sudah sepatutnya setiap sektor mengedepankan kesetaraan dan keadilan, karena perempuan dan anak adalah kekuatan luar biasa maka penting bagi pemerintah mendampingi keduanya,” ujar Menteri Bintang Puspayoga.

“Kekerasan terhadap perempuan dan anak masih menjadi PR kita hari ini, maka pencanangan Melasi serta peresmian Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak merupakan langkah tepat yang dilakukan Pemkab Minahasa melalui Dinas PPPA” lanjutnya.

Menteri PPPA juga berharap, program ini memberi hasil maksimal, kita ingin intervensi desa dan kelurahan bisa membantu menyelesaikan semuanya.

“Saya juga berterima kasih kepada Bapak Penjabat Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong bersama jajaran sudah melaksanakan kegiatan ini secara mandiri,” ungkapnya.

Menteri Bintang Puspayoga yang hadir bersama Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian PPPA Dr. Ir. Pribudiarta Nur Sitepu, MM, Staf Khusus Menteri De. Ulfah Mawardi, M.Pp, Plt Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pengasuhan dan Lingkungan Suhaeni, S.Sos serta Kabag Protokol Kementerian PPPA Akbar, SSTP, M.MSi.

Sementara Pj. Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M,Si dalam sambutannya mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa mengucapkan selamat datang kepada ibu Menteri dan seluruh rombongan di tanah Minahasa yang kita cintai ini.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih atas kunjungan Ibu Menteri, yang pada hari ini juga akan mencanangkan program Melasi (Minahasa Melayani dengan Kasih) serta meresmikan Desa/Kelurahan ramah perempuan dan peduli anak di Kabupaten Minahasa, dimana kehadiran Ibu Menteri ini merupakan bentuk dukungan yang luar biasa bagi kami dalam upaya meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak di Kabupaten Minahasa,” urai Kumendong.

Pj. Bupati Jemmy Kumendong juga mengungkapkan tantangan besar dalam upaya meningkatkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Minahasa, dimana hingga tahun 2023 tercatat sebanyak 73 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan pada bulan Agustus 2024 ini sudah ada 30 kasus yang terjadi.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh Ibu Menteri dengan memberikan Anggaran Dana Alokasi Khusus Non Fisik bagi Kabupaten Minahasa mulai tahun 2024 ini, untuk mendukung program perlindungan perempuan dan anak di Minahass.

Sementara, Plt. Kepala Dinas PPPA Minahasa Agustivo Tumundo, SE, MSi dalam laporannya mengatakan, Program MELASI dan Peresmian Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak adalah inisiatif Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam meningkatkan fokus layanan pada pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program Kementerian PPPA RI yang ditindaklanjuti di semua Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

“Khusus di Kabupaten Minahasa pada tahap pertama ini, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Minahasa telah ditetapkan 24 Desa dan Kelurahan sebagai Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak” kata Tumundo.

Dalam kegiatan ini dilakukan pemukulan tetengkoren, serta penandatangan Piagam Komitmen Bersama antara para 24 Hukum Tua dan Lurah dengan Kepala Dinas PPPA dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) disaksikan oleh Pj. Bupati Minasaha dan Menteri PPPA RI, dilanjutkan dengan pemberian Trophy kepada para pemenang lomba Hari Anak Nasional ke-40 oleh Pj. Bupati Minahasa, dan penyerahan Cinderamata oleh Pj. Bupati Minahasa kepada Ibu Menteri Bintang Puspayoga dan dari Ketua TP-PKK Minahasa kepada Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Sosialisasi yang menampilkan Nara Sumber Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Ny. Djeneke Kumendong-Onibala, SH, MSA, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania, MM, MSi dan Ketua Wanita Kaum Ibu GMIM Rayon Minahasa Pnt. Martina Dondokambey-Lengkong, SE.

Turut hadir dalam kegiatan ini Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Dinas P3AD Provinsi Sulut Wanda LC Musu, SE, ME, Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut Sulut Dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, Forkopimda Minahasa, jajaran Pemkab Minahasa, para pimpinan Organisasi Perempuan di Minahasa serta Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Minahasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *