Menteri Sandiaga Uno Dorong Likupang Jadi Pusat Event Sport Tourism, FORDESWITA 2024.

Minut, jelajahberita.com – Festival Olahraga Masyarakat di Desa Wisata (FORDESWITA) Tahun 2024 yang diselenggarakan Perdana di Indonesia, dengan tema : “Ayo Olahraga, Bugarkan Indonesia dan Bangkitkan Sport Tourism Menuju Indonesia Emas”, digelar di Pantai Paal Desa Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara.

Setelah kemarin (12/10/2024), FORDESWITA 2024 dimeriahkan dengan berbagai olahraga menarik, seperti Catur, Tarik Tambang, Hadang Tali Tanah, Lari Karung dan Line Dance, pada hari ini FORDESWITA 2024 menggelar Fun Run.

Sekda Ir. Novly Wowiling mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno Fun Run 10K bersama Ratusan Peserta Festival Olahraga Masyarakat Desa Wisata (FORDESWITA) yang mengambil start dan finish di Pantai Paal Likupang, Marinsow, Likupang Kabupaten Minahasa Utara, pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Menteri Sandiaga Uno berlari santai bersama komunitas menikmati sejuknya alam sekitar Desa Wisata Likupang. Menteri Sandiaga Uno mengatakan, “Mengapresiasi terselenggaranya FORDESWITA 2024, Perdana di Indonesia.Kami mendorong agar Likupang turut menjadi pusat event sport tourism (wisata olahraga).

Kita mau event olahraga masyarakat juga masuk ke Likupang ini. Sehingga DPSP bisa hidup. Beberapa event yang bisa digelar rutin di Likupang, yakni triathlon (sepeda, lari dan renang laut) dan golf.

Apalagi saat ini penerbangan dari Kota Kinabalu Malaysia sudah dibuka. Peluang besar untuk menarik wisatawan ke sini. Semakin banyak event dan kegiatan berkualitas akan mendorong pariwisata Likupang semakin berkelas”, ujar Menteri Sandiaga Uno.

Sekda Kabupaten Minut, Ir. Novly Wowiling mengatakan, “Dengan sinergi apik antara olahraga dan pariwisata, Festival Olahraga Desa Wisata 2024 ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang terus mendukung pengembangan potensi lokal di bidang olahraga dan promosi destinasi wisata unggulan Minahasa Utara.

Perlahan namun pasti Likupang menjadi daya tarik. Ini bisa dilihat dari angka kunjungan wisatawan yang naik. Kunjungan ke Likupang naik 120 persen tahun lalu, dari 25 ribuan orang menjadi 60 ribuan secara year on year”, ujar Ir. Novly Wowiling.

Kepala Dinas Olahraga Kabupaten Minahasa Utara Audy Sambul, melalui Sekretaris Johan Wewengkang mengatakan, “FORDESWITA bertujuan untuk menggerakkan geliat wisata Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Likupang.

Lomba lari ini diikuti 400-an pelari. Selain atlet dan pelari komunitas, lomba ini melibatkan masyarakat dari tiga desa wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang”, ujar Sekretaris Dispora Johan Wewengkang.

Lanjut dikatakannya, “Fun Run ini memperebutkan hadiah berupa 2 buah sepeda senilai Rp.3.5 juta untuk 2 orang pemenang, hadiah untuk 10 pemenang putra putri berupa uang tunai mulai dari Rp.250.000-Rp.3.5 juta, ada 60 Voucher Makanan dari Grab Food dan Puluhan Door Prize dari BSG berupa Payung dan Tumbler serta hadiah menarik lainnya”, ujar Sekretaris Dispora Minut, Johan Wewengkang.

(DoKaLo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *