108 Pelaku Usaha UMKM Ikuti Bimtek dari DPMPTSP Kabupaten Minut

Minut, Jelajahberita.com- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek), mengenai Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Program kepada 108 Pelaku Usaha UMKM di Hotel Sutan Raja Kabupaten Minahasa Utara, Jumat (05/07/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku usaha UMKM tentang strategi penerapan perizinan berbasis risiko dan pentingnya pengawasan yang berbasis risiko dalam menjalankan usaha.

Bacaan Lainnya

Richard J.H Dondokambey, SSTP dalam sambutanya mengharapkan bimtek ini dapat memberikan panduan praktis bagi para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Minahasa Utara dalam mengelola perizinan usaha mereka dengan pendekatan berbasis risiko.

“Kolaborasi antara DPMPTSP Kabupaten Minahasa Utara dan para pelaku usaha UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan keselamatan operasional usaha mikro, kecil, dan menengah di wilayah Kabupaten Minahasa Utara,” kata Richard.

Sementara itu Bupati Joune Ganda dalam sambutannya menyampaikan bahwa, acara Bimtek ini merupakan langkah penting dalam mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa Utara. Dengan penerapan perizinan berbasis risiko, diharapkan proses perizinan usaha akan menjadi lebih efisien dan memudahkan para pelaku usaha UMKM untuk mengurus izin usaha.

“Kami berharap melalui acara Bimtek ini, para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Minahasa Utara akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai proses perizinan berbasis risiko, pengawasan perizinan, serta manfaat dari program ini bagi perkembangan usaha,” ungkap Joune.

Selain itu, kami juga ingin mengajak para pelaku usaha UMKM untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya, berdiskusi, dan berbagi pengalaman dengan para pemangku kepentingan terkait. Semoga melalui acara Bimtek ini, kerjasama antara pemerintah daerah, pelaku usaha UMKM, dan instansi terkait dapat semakin solid dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Minahasa Utara,” tegas Joune.

Dalam kesempatan ini DPMPTSP Minahasa Utara melalui Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Minahasa Utara Kevin William Lotulung menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB),
yang merupakan identitas ijin Usaha yang diterbitkan oleh OSS (Online Single Submission), Kepada 10 orang Keterwakilan dari setiap kecamatan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam bimtek tersebut, DPMPTSP Minut menghadirkan narasumber dari BANK MANDIRI, Kepala Cabang Bank Mandiri KCP Airmadidi, Ibu Nurjana Kharim dan Kepala Cabang Bank Mandiri Manado-Airmadidi, ibu Darlane Musa, dalam giat tersebut memaparkan bagaimana kolaborasi antara produk sistim digital dari Bank Mandiri terhadap pelaku usaha UMKM dalam memenuhi perkembangan teknologi yang ada.

Hadir dalam Acara tersebut, Para Eselon II, Para Kabag, Para Direktur, para Camat, beserta 108 Para Peserta Bimtek. (DoKaLo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *